Sabtu, 01 Juni 2013

Kamus bahasa Temanggung

Bahasa di Indonesia ini sangat beragam, termasuk bahasa jawa. Bahasa jawa di masing-masing daerah itu sangat beragam baik di jawa tengah, Yogyakarta maupun di jawa timur. Dan di Jawa Tengahpun sangat beragam misalnya ada ngapak dan lain sebagainya. Nah, kali ini saya akan menginformasikan bahasa yang biasanya diucapkan orang Temanggung:

-          Jidor (kasar)   : biarin
-          Samang          : kamu
-          Nono              : gak ada
-          Sikak (kasar)  : umpatan seseorang kalau sedang marah/ jengkel
-          Arek               : mau/akan
-          Luweh            : biarin/terserah
-          Ha-njuk          : terus/lalu
-          Mayar             : mudah
-          Mberuh           : gak tau
-          Gigal/gigol       : jatuh

Selain kata-kata di atas, biasanya logat orang Temanggung saat mengucapkan suatu kalimat depannya di tambah “ha..” misalnya: “ha njuk piye? (terus bagaimana?)”, “ha iyo”, “ha mberuh” dll. Ada juga yang akhirannya di tambah kata "..ndak/ ndak-an" yang artinya sama dengan akhiran -e pada bahasa jawa di daerah lain, misalnya: "aku durung maem ndak= aku durung maem e". Sedangkan akhiran "..ndak-an" biasanya digunakan pada kalimat tanya "samang sing lewat ngarep omah mau ndak-an?" (kamu yang lewat depan rumah tadi ya?).

Demikian mungkin yang bisa saya bagi buat temen-temen, kalau mungkin ada yang ingin tau tentang “Temanggung” lebih dalam baik dari bahasa ataupun yang lainnya yang ada di Temanggung J J J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar