Selasa, 09 Oktober 2012

Motivasi Belajar


Motivasi berasal dari kata “motif” yang dimaksud segala daya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu (Nasution, 1995: 73). Menurut Santrock (2008:510), motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku. Artinya, perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan lama.
Pada pokoknya motivasi dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu:
a.       motivasi intrinsik dan
b.      motivasi ekstrinsik
Motivasi intrinsik ini sering juga disebut motivasi murni. Motivasi yang sebenarnya yang timbul dalam diri siswa sendiri tanpa pengaruh dari luar. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor-faktor dari luar situasi belajar. Motivasi ekstrinsik ini tetap diperlukan di sekolah sebab pelajaran yang ada di sekolah tidak semuanya menarik minat siswa atau sesuai dengan kebutuhan siswa. Karena itu motivasi terhadap pelajaran itu perlu dibangkitkan oleh guru sehingga para siswa mau dan ingin belajar (Hamalik, 2003:162-163)
Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktik penguatan (motivasi) yang dilandasi tujuan tertentu (Suprijono, 2010:162-163). 

http://www.google.co.id

Dari uraian yang tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar siswa (dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.


Sabtu, 06 Oktober 2012

Hakikat Sains


Menurut Marsetio Donosepoetro yang dikutip oleh Trianto (2011: 137), pada hakikatnya sains dibangun atas dasar produk ilmiah, proses ilmiah, dan sikap ilmiah. Selain itu sains dipandang pula sebagai proses, sebagai produk, dan sebagai prosedur. Sebagai proses diartikan semua kegiatan ilmiah untuk menyempurnakan pengetahuan tentang alam maupun untuk menemukan pengetahuan baru. Sebagai produk diartikan sebagai hasil proses, berupa pengetahuan yang diajarkan dalam sekolah atau diluar sekolah ataupun bahan bacaan untuk penyebaran pengetahuan. Sebagai prosedur dimaksudkan adalah metodologi atau cara yang dipakai untuk mengetahui sesuatu (riset pada umumnya) yang lazim disebut metode ilmiah (scientific method).
Secara umum sains meliputi tiga bidang ilmu dasar, yaitu biologi, fisika dan kimia. Sains merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Dapat dikatakan bahwa hakikat sains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku secara universal (Trianto, 2011: 137-138).
Merujuk pada hakikat sains di atas, maka nilai-nilai sains yang dapat ditanamkan dalam pembelajaran sains antara lain sebagai berikut.
1)        Kecakapan bekerja dan berpikir secara teratur dan sistematis menurut langkah-langkah metode ilmiah.
2)        Keterampilan dan kecakapan dalam mengadakan pengamatan, mempergunakan alat-alat eksperimen untuk memecahkan masalah.
3)        Memiliki sikap ilmiah yang diperlukan dalam memecahkan masalah baik dalam kaitannya dengan pelajaran sains maupun dalam kehidupan (Trianto, 2011:141-142).
Proses belajar mengajar sains lebih ditekankan pada pendekatan keterampilan proses, hingga siswa dapat menemukan fakta-fakta, membangun konsep-konsep, teori-teori dan sikap ilmiah siswa itu sendiri yang akhirnya dapat berpengaruh positif terhadap kualitas proses pendidikan maupun produk pendidikan (Trianto, 2011:143).  

Kamis, 04 Oktober 2012

Jeongmal bogoshipo


Ya, aku merindukanmu, sangat-sangat merindukanmu, jeongmal bogoshipo
kamu siapa? kamu di mana? entahlah
Tapi saat ini belum saatnya kita bertemu, bukannya aku tak mau
Tapi memang krna perjalanan kita masih panjang
Masih banyak kewajiban yg harus kita penuhi
masih banyak yg harus kita jalani sebelum akhirnya nanti kita dipertemukan suatu saat nanti
bersabarlah dan baik-baik di sana :)

Aku di sini masih bersabar menantimu
semoga kamu slalu sehat, slalu dalam lindungan-Nya
Hatimu tak sedang terluka kan??aku harap begitu
tersenyumlah, karna aku yakin kebahagiaan akan slalu menyertai kita... aamiin

Kalau saat ini hatimu sedang terluka
Ambil air, wudhulah, dan mendekatlah kepada-Nya, jangan sedih
Tapi disini aku berharap kamu baik-baik saja



diadaptasi dari: *Sebutir Mutiara,Seindah Wanita Sholehah*